memunculkan file yg terhiden


Belum lama ini teman saya meminta saya untuk mengecek USB Flash Disknya (UFD) karena ada bebrapa file pentingya yang hilang. Langkah pertama yg saya lakukan adalah dengan melihat apakah file tersebut masih ada di dalam UFD nya dengan cara melihat kapasitas terpakai dari UFD tersebut dan ternyata kapasitas terpakai masih menunjukkan ada data yg tersimpan namun tersembunyi. Langkah berikutnya yg saya lakukan adalah dengan membuka File Hidden-nya. Namun ternyata setelah di apply perintahnya kembali ke menu default yaitu kembali ke Do Not Show Hidden File dan opsi Hide Protected File System jg kembali tercentang.

Kemudian saya teringat dengan tulisan dalam sebuah blog yang saya lupa namanya menuliskan bagaimana menggunakan pertintah attrib. Kemudian saya menjalankan menu RUN dan mengetikkan CMD Untuk menampilkan DOS. Pada Dos Promt saya mengetikkan perintah ATTRIB namun karena saya lupa akan perintahnya maka saya menggunakan help-nya dengan mengetikkan perinyah Help attrib maka muncul semua opsi yg bisa di lakukan oleh perintah attrib ini.

Setelah itu saya mengetikkan perintah attrib -r -h -s F:\*.* /s /d , dimana lokasi dari UFD-nya berada pada drive F. Penjelasan dari perintah di atas adalah  saya ingin menghilangkan opsi Read Only (-r), Hidden (-h), System File (-s) pada Drive F: untuk semua file dan extensi *.*/s di semua direktory /d. Tanda minus (-) digunakan untuk menghilangkan opsi dan tanda Plus (+) digukan untuk mengambah opsi yang di inginkan.

Untuk lebih jelasnya dati perintah Attrib ini bisa anda lihat pada gambar di bawah ini

attrib

Semoga tulisan ini dapat membantu bagi rekan – rekan yg pernah mengalami masalah yg sama. Good Luck..😀

4 responses to “memunculkan file yg terhiden

  1. @febri:
    Perintah attrib itu digunakan untuk merubah attribut dari file atau folder. Kalo setahu saya cuma ada 4 type attribut file yaitu archive, hiden, read-only dan system file. Kalo file kita ber-atribut system file walupun kita sudah membuka hidden filenya tetap saja tidak akan terlihat. File ini bisa terlihat jika opsi Hide Protected Operating System di hilangkan tanda centangnya. Anda bisa menggunakan perintah attrib untuk mengembalikan file yg tersimpan dengan atribut system file. Semoga bisa membantu😀

  2. perintah itu tidak bisa di gunakan untuk file windows atau folder yg digunakan sebagai pengenal disk [system volume information]…😀

Leave a Reply

