“The Disk Is Write-Protected”


write-protected“The Disk Is Write-Protected”. Pesan ini selalu muncul disalah satu komputer kantor di saat teman saya ingin meng-copy file ke USB Flash Drive (UFD) nya. Kemudian saya cek UFD-nya apakah terdapat switch untuk membuat UFD menjadi write Protected dan ternyata setelah saya puter2 sekeliling UFD-nya ternyata tidak terdapat switch tersebut. Kenapa ya? Padahal kemaren2 komputer ini baik2 saja apa ada virus yg terbenam di komputer ini ya?. Harus di basmi neh pikir saya.

Komputer tersebut di Install Avira antivirus yg terbaru dari internet (saya lupa versi berapa😀 ). Namun setelah di scan cukup lama tidak ada virus yg ditemukan. Saya mulai kebingungan sebenarnya ada apa dengan komputer canggih ini? (core 2 quad + HDD 1 tera + RAM 2GB). Kemudian segera saya minta bantuan “mbah Google dan Mbah yahoo”.

Setelah beberapa saat saya berguru ke mbah google ternyata dia memberikan saya wangsit. Dia bilang begini : “wahai cucuku coba kamu cek Registrynya [START – RUN – REGEDIT – ENTER]. Kemudian km tuliskan kunci berikut ini”

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\StorageDevicePolicies

regedit-write-protected

Dan setelah saya buka ternyata saya menemukan kunci tersebut. Menurut mbah google kalo kunci tersebut di temukan coba cek DWORD dengan nama WriteProtect. Cek valuenya jika 1 = gak bisa tulis ke UFD. 0= Bisa nulis ke UFD.

Setelah melakukan langkah diatas jangan lupa kompinya di restart dulu ya. Supaya perubahan yg dilakukan dapat ter-Apply pada kompi tersebut. Dan setelah restart ternyata wangsit dari mbah google berhasil. UFD teman saya sudah bisa kembali untuk meng-copy file dari komputer tersebut.

Semoga dengan artikel ini bisa membantu rekan2 yg pernah mengalami masalah yang sama😀

Leave a Reply

