CamStudio 2.0


camstudioPernah ingin membuat video tutorial dengan mengcapture pergerakan mouse di layar komputer anda?. Ada banyak software yg bisa ands gunakan. Salah satunya adalah CamStudio yg bersifat Open Source yg artinya program ini dapat anda kembangkan dan anda gunakan secara gratis.

Kelebihan dari camstudio ini adalah anda dapat merekam semua aktivitas di layar komputer anda baik video dan audio serta membuat file berstandar industri yaitu AVI. CamStudio juga dapat merubah atau mengkonversi file AVI yang telah di buat menjadi file bertype SWF dengan ukuran yang kecil, bandwidth-friendly dan streaming video Flash (SWFs)

layar-camstudioSaya pernah membuat sebuah video tutorial dalam bentuk format file flash ini. Video yg saya buat berdurasi kira2 12 menit. Setelah di convert ke format SWF ternyata ukurannya menjadi 1,2 MB saja dengan kualitas yang hampir tidak berkurang.Sungguh luar biasa. Namun kelemahannya adalah proses renderingnya cukup lama, tp menurut saya wajar jika kualitasnya tidak berkurang dan filenya menjadi sangat kecil.😀

Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung melihat dari site pembuatnya. Klik Disini

Jika anda tertarik untuk membuat sebuah video tutorial anda bisa menggunakan software ini. Selamat mencoba.

5 responses to “CamStudio 2.0

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s