Memanfaatkan Autocorrect pada MS. Word


Malam ini saya juga harus menjaga ujian mata kuliah British Study. Diluar dugaan ternyata ruangannya penuh sesak dengan mahasiswa hingga ujung siku mereka saling bersentuhan. Bahkan untuk bernafas aja susah (GOD Give Me Fresh Air)….. Tapi what everlah yang pernting saya telah menjalankan tugas dengan baik….😀

Dari pada stress mikirinnya lebih baik nulis. Tapi mau nulis apa ya? Itu yang pertama kali muncul di benak saya. Akhirnya saya putuskan untuk membuka salah satu file MS. Word dengan judul GBPP APS. Dan ternyata saya mendapat sebuah ide. Bagaimana untuk menulis pada MS Word tetapi ala ketik sms yaitu dengan menyingkat nyingkat kata yang kita tulis. Misalnya “sy” akan berubah menjadi saya atau “dgn” akan berubah menjadi dengan, “yg” akan berubah menjadi yang dan lain sebagainya. Untuk melakukan hal tersebut anda bisa memanfaatkan fungsi dari MS. Word yaitu AutoCorrect.

autocorrect

AutoCorrect adalah sebuah fungsi yang disediakan oleh MS. Word untuk merubah kata yang salah pada tulisan yang di tulisakan secara otomatis. Perbendaharaan kata yang digunakan adalah menggunakan bahasa inggris. Misalnya jika anda menuliskan kata “teh” (tanpa tanda kutip) dan kemudian anda menekan spasi atau enter maka tulisan “teh” akan berubah menjadi “the”. Permasalahannya bagaimana jika kita menggunakan bahasa indonesia. Anda tidak perlu khawatir, untuk bahasa indonesia anda bisa menambahkannya sendiri sesuai dengan selera dan kebutuhan anda. Atau jika anda merasa terganggu dengan kehadiran AutoCorect ini anda bisa menghapus kata yang telah dimasukkan.

Untuk mengaktifkannya anda bisa memilih menu [Tools]-[AutoCorrectOption]. Maka akan muncul sebuah jendela seperti di atas. Yang perlu anda lakukan adalah menambah perbendaharaan kata dari fungsi Autocorct ini sesuai dengan keperluan anda. Caranya anda cukup perlu mengisi kata yang ingin dirubah pada Box Replace misalnya “yg” (tanpa tanda kutip) dengan kata yang sebagai penggantinya pada Box With yaitu “yang”.

Dengan menggunakan fungsi AutoCorect ini anda bisa menghemat waktu dalam hal pengetikan naskah resmi atau dokumen penting dengan menggunakan istilah – istilah dan singkatan yang anda buat sendiri.

Selamat mencoba ya… semoga bermanfaat😀

4 responses to “Memanfaatkan Autocorrect pada MS. Word

  1. Pak Yodi,
    Keren juga ya,,kalo dah pake ini,pasti kt bakal cepet ngetik apa2,asal uda ad autocorrect.
    Tq ya Pak,,
    Cuman kl kita uda buat di satu file gitu,ngikut ke file yg lain ga si Pak settingan auto correctnya??

  2. autoCorect ini berlaku untuk komputer yg kita setting autocorrectnya. walaupun kita membuka file lain pada komputer yg sama maka fungsi ini masih berlaku. lain halnya jika dokumen yg kita buat pake auto correct kita pake di kompter yg tidak di setting aurocorrectnya…OK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s