“The quick brown fox jumps over the lazy dog”


Hari ini saya mengawas ujian. Mata Kuliah British Study jurusan sastra inggris. Sembari mengawas ujian saya mencoba untuk memanfaatkan waktu. Saya mau update Font yang ada pada MS. Word saya. Maka kemudia saya hunting font ke negeri antah berantah menggunakan kesaktian dari mbah google.

tampilan-quick

Diasaat saya ingin menginstall font yang telah saya download maka saya membaca tulisan yang sudah lama tidak saya baca yaitu “The quick brown fox jumps over the lazy dog”. Anda mungkin aneh mendengar kalimat ini. Tetapi jika anda sering menggunakan MS. Office anda pasti sering membaca tulisan tersebut

Sebenarnya apa sih ke istimewaan dari tulisan tersebut?. Sehingga banyak sekali dignunakan dalam MS Office?. Ternyata Tulisan “The quick brown fox jumps over the lazy dog” tersebut memiliki semua huruf alphabet mulai dari A-Z. Coba cek aja kalo gak percaya.

Nah kalo mau meklihat tulisan ini lagi diasaat anda menggunakan MS Word atau MS Excel anda bisa mengetikkan fungsi “=rand()” tanpa tanda kutip. Jika anda mengetikkan “=rand()” maka akan muncul beberapa paragraph yang bertuliskan kalimat “The quick brown fox jumps over the lazy dog” tersebut.

Penggunaan fungsi khusus =rand() itu sendiri dapat dikembangkan penggunaannya  menjadi =rand(p,l) dimana p merupakan jumlah paragraf yang akan diketikkan dan l adalah jumlah kalimat dalam tiap paragrafnya. Contohnya,=rand(2,3) kemudian [Enter], maka akan diketikkan 2 paragraf yang masing-masing terdiri dari 3 kalimat “The quick brown fox jumps over the lazy dog.”

Coba deh kalo gak percaya…😀

Leave a Reply

