Apa itu ASCII?


Bosan pagi ini mau ngapain. Rutinitas masih monotone seperti biasa belum polytone [kayak hp aja ya… :D]. Lebih baik nulis aja. Tapi mau nulis apa ya? Cari2 ide dulu ah ke facebook sapa tau ada inspirasi.

Loading…[Surfing 30 menit]

Baca statusnya mas Priyanto Tamami “Wow… RC4 Amazing”. Tiba – tiba teringat sewaktu kuliah dulu saya pernah membuat sebuah program enkripsi RC4. Setelah di ubek-ubek ni notebook ternyata datanya gak ketemu. Ya sudah lah mungkin di lain waktu saya upload…

ASCII-Table

Hari ini saya ingin membahas tentang ASCII aja deh. ASCII ini saya gunakan dalam penggunaan algoritma RC4. Tapi apa itu ASCII Code? ASCII adalah singkatan dari American Standard Code for Information Interchange. ASCII digunakan pada sistem komputer untuk mengirimkan input karakter kepada komputer misalnya huruf ‘A’ memiliki nilai ASCII ‘65’. Set karakter ASCII terdiri dari 128 buah karakter yang masing-masing memiliki lebar 7-bit atau gabungan tujuh angka 0 dan 1, dari 0000000 sampai dengan 1111111. Mengapa 7-bit? Karena komputer pada awalnya memiliki ukuran memori yang sangat terbatas, dan 128 karakter dianggap memadai untuk menampung semua huruf Latin dengan tanda bacanya, dan beberapa karakter kontrol. ASCII telah dibakukan oleh ANSI (American National Standards Institute) menjadi standar ANSI X3.4-1986. Ada pengembangan lain dari ASCII yaitu unicode

UNICODE

Orang-orang di negara-negara yang berbeda menggunakan karakter berbeda untuk menuliskan kata-kata dalam bahasa pribumi mereka. Sekarang ini kebanyakan aplikasi, mencakup sistim email dan web browsers, menggunakan sistim 8-bit yaitu mereka dapat beroperasi dengan teks yang tepat sesuai dengan ketentuan, seperti ISO-8859-1. Kalau ASCII sudah mampu mengkodekan 128 karakter, lalu mengapa masih dianggap perlu untuk menciptakan set karakter baru? Lebar set karakter yang cuma 128 karakter tidak memungkinkan penulisan karakter-karakter di luar huruf Latin (basic Latin), seperti misalnya huruf ü atau simbol-simbol matematika dalam huruf Yunani.

Set karakter Unicode mampu menampung lebih dari satu juta karakter (2^20 = 1.048.576). Akan tetapi, saat ini hanya 65.535 karakter yang pertama yang mampu direpresentasikan pada komputer (65.535 karakter pertama dari Unicode sering disebut dengan istilah UCS- 2 atau Universal Character Set-2). Karakter 0 sampai dengan 65.535 menampungkarakter-karakter dari alfabet-alfabet yang belum punah (Latin, Kanji, Devanagari, dan lain sebagainya) sedangkan karakter 65.536 sampai dengan 1.048.575 menampung karakter-karakter dari alfabet-alfabet yang sudah punah (misalnya hieroglyph dan beberapa karakter Cina yang sangat jarang digunakan). Terdapat lebih dari 256 karakter di dunia sepert kode cyrillic, hebrew, arabic, chinese, japanese, korean dan thailand, dan karakter baru kadang-kadang ditemukan. Dengan menggunakan kode 16-bit (2^16 =65.535) diharapkan karakter-karakter tersebut dapat terwakili.

Set karakter Unicode dialokasikan untuk lebih dari satu alfabet. Bahkan, Unicode Consortium menargetkan untuk mengkodekan seluruh alfabet yang ada di dunia. Set karakter Unicode ini diharapkan dapat menjadi standar set karakter pada semua komputer di masa depan. Karena Unicode mampu merepresentasikan semua alfabet yang ada di dunia ini, maka secara teori seluruh set karakter lainnya tidak diperlukan lagi. Unicode mampu mengkodekan berbagai karakteristik alfabet. Mulai dari alfabet Latin yang sederhana, alfabet Arab yang ditulis sambung-menyambung (cursive) dari kanan ke kiri, alfabet Cina yang ditulis dari atas ke bawah, dan alfabet India yang memiliki huruf vokal yang letaknya di atas-bawah-depan-belakang dari konsonan.

Tulisan ini saya cuplik dari artikel Jenny Sari Tarigan dan Yulie Astanto @2005 dengan editing seperlunya…

Untuk lebih jelasnya anda bisa mendownload artikel selengkapnya Klik Disini

Oh iya… bagi pengguna MS.Excel anda bisa memanfaatkan fungsi yang ada untuk membuat tabel ASCII sendiri. Untuk merubah dari bilangan desimal ke ASCII dapat menggunakan fungsi =Char(bilangan_desimal). Untuk lebih jelasnya dapat melihat gambar dibawah ini.

char

Artikel ini baru bisa di upload pada siang ini walaupun dikerjakan semenjak pagi hari karena tadi ada rapat mendadak. Semoga dapat menjadi sumber referensi😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s