Sudoku


sudoku
Sudoku (数独 sūdoku, juga dikenal sebagai Number Place atau Nanpure, adalah sejenis teka – teki logika Tujuannya adalah untuk mengisikan angka-angka dari 1 sampai 9 ke dalam jaring-jaring 9×9 yang terdiri dari 9 kotak 3×3 tanpa ada angka yang berulang di satu baris, kolom atau kotak. Pertama kali diterbitkan di sebuah surat kabar pada tahun  1895 dan mungkin dipengaruhi oleh matematikawan Swiss Leonhard Euler, yang membuat terkenal. Versi modern permainan ini dimulai di Indianapolis pada 1979. Kemudian menjadi terkenal kembali di Jepang pada tahun 1986, ketika penerbit Nikoli menemukan teka-teki ini yang diciptakan Howard Garns. Nama “Sudoku” adalah singkatan bahasa Jepang dari “Suuji wa dokushin ni kagiru” (数字は独身に限る, artinya “angka-angkanya harus tetap tunggal” (id.wikipedia.com)

Beberapa bulan yang lalu saya mendapatkan sebuah tantangan untuk menyelesaikan permainan sudoku ini dan akan dijanjikan hadiah sebesar seratus ribu jika berhasil menyelesaikannya. Namun mungkin saya belum beruntung untuk mendapatkannya. Tapi saya mendapatkan sebuah algoritma yang mirip seperti sudoku. Algoritma ini hanya berbentuk matrix 4×4 dan jika dijumlahkan maka secara vertikal maupun horizontal akan mendapatkan hasil yang sama.

A

B

C

D

D -3

C+ 3

B -1

A +1

B +1

A -1

D -1

C +1

C +2

D -2

A+ 2

B -2

Saya juga sudah membuat program sederhana dari logika ini. Bagi anda yang tertarik bisa mendownload. Silahkan Klik Disini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s