Procedure Clear All pada VB 6


sudoku Mungkin jika  anda pernah membuat aplikasi yang menggunakan banyak objek. Dan mungkin juga anda pernah kebingungan bagaimana cara agar mengunci atau mengisikan nilai property untuk objek yang sama dengan nilai yang sama pula. Jika iya, maka berikut ini saya akan membahas sebuah prosedur yang dapat melakukannya

Prosedur ini saya dapatkan di waktu saya membuat program sudoku yang telah saya bahas pada artikel seblumnya. Permasalahan yang saya hadapi adalah bagai mana caranya melakukan pembersihan semua nilai yang telah dimasukkan pada textbox. Dapat anda bayangkan sepanjang apa script yang akan saya ketik jika saya menggunakan perintah textbox1.text = “”.

Akhirnya saya membuat sebuah prosedur yang dapat digunakan untuk memanipulasi suatu nilai property pada form yang dituju. Fungsi ini dapat anda letakkan pada module atau form yang tertentu dimana anda akan memanggil fungsi tersebut. Berikut fungsi yang dapat anda gunakan

Sub bersih(frm As Form)
Dim x As Object
For Each x In frm
If TypeOf x Is TextBox Then x.Text = ""
If TypeOf x Is ComboBox Then x.Text = ""
If TypeOf x Is OptionButton Then x.Value = 0
If TypeOf x Is CheckBox Then x.Value = Unchecked
Next
End Sub

Jika sulit bagi anda untuk mengetiknya maka anda bisa mendownloadnya. Silahkan Klik Disini

Semoga bermanfaat…😀

One response to “Procedure Clear All pada VB 6

Leave a Reply

