Windows PowerShell


powershell
Kemarin baru ngoprek – ngoprek windows 7 RC1 pada notebook ini yang kayaknya ada masalah eh malah ketemu dengan windows PowerShell yang belum pernah saya temukan pada windows XP atau Vista. Sebenarnya apa sih ini? Itu pertanyaan yang muncul di benak saya pada saat saya mencoba menjalankannya.

Window PowerShell ini dibagi menjadi dua pilihan yaitu Windows PowerShell ISE yang berbasis GUI atau antar muka berbasis grafis dan Windows PowerShell saja yang masih berbasis CLI atau command line.

Pertanyaan berikutnya yang muncul adalah apakah sama antara windows PowerShell dengan command prompt (cmd.exe)?. Untuk menjawabnya saya menjalankan windows PowerShell dengan cmd. Kemudian saya memasukkan perintah dir pada keduanya dan ternyata hasil yang ditampilkan berbeda. Tampilan pada windows PowerShell lebih terlihat seperti shell pada linux atau unix. Bahkan saat saya memasukkan perintah ‘ls’ pada PowerShell akan tampil seperti perintah ‘dir’, namun saat saya memasukkan perintah ‘ls’ pada command prompt ternyata perintah tersebut tidak di temukan.

Ternyata windows PowerShell menarik perhatian saya untuk lebih mencari tahau apakah sebenarnya windows PowerShell ini? Apa kegunaannya? Dan bagaimana sejarahnya?. Akhirnya saya memutuskan untuk bertanya pada Mbah google yang sakti mandraguna. Berikut hasil cuplikan yang saya ambil dari id.wikipedia.com

Windows PowerShell, sebelumnya dinamai Microsoft Shell atau MSH (dengan nama-kode Monad) adalah sebuah command line interface atau CLI (antarmuka baris-perintah) dan bahasa scripting yang sedang dikembangkan oleh Microsoft. Antarmuka ini mirip dengan UNIX shell, namun produk ini dibangun atas dasar pemrograman berorientasi obyek (object-oriented programming/OOP) dan kerangka Microsoft .NET, dan cakupannya sangat luas.
Microsoft sedianya bermaksud meluncurkan PowerShell bersama-sama dengan Windows Vista, namun belakangan menyatakan akan meluncurkannya secara terpisah. Microsoft menyatakan bahwa PowerShell akan diluncurkan pada semester kedua 2006. Windows PowerShell adalah sebuah gambaran awal dari administrasi Microsoft Exchange Server 2007 di mana segalanya akan dilakukan melalui antarmuka CLI dan administrasi GUI sebagai lapisan di atas baris perintah tersebut.

PowerShell memerlukan .NET Framework versi 2.0 dan bisa dijalankan untuk Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, danWindows Server 2008; serta akan tersedia untuk prosesor-prosesor x86, x64, dan Itanium.

3 responses to “Windows PowerShell

  1. walupun skrg sy udah menggunakan Windows 7 tp sy belum menggunakan Power Shell secara maksimal. Maaf sy gak punya scriptnya…😦

Leave a Reply

