Nokia Booklet 3G


CaptureNokia menggandeng Microsoft untuk membenamkan sistem operasi Windows pada netbook pertamanya, Nokia Booklet 3G. Beberapa pengamat terkejut dengan keputusan Nokia tersebut.

Para analis menilai, penggunaan Windows pada Booklet 3G menjadikan netbook Nokia tersebut tidak mempunyai perbedaan dengan netbook merek lain. Apalagi pasar PC yang ketat, membuat vendor ponsel terbesar di dunia itu harus mempunyai strategi yang jitu.

“Industri PC di dunia saat ini sudah sangat ramai. Bagaimana Nokia membuat perbedaan? Jika Nokia berhasil memberikan perbedaan, maka mereka akan memiliki keunggulan yang kompetitif,” jelas analis Gartner Carolina Milanesi, seperti yang dikutip Reuters, Selasa (25/8/2009).

Sebelumnya, saat isu mengenai kehadiran netbook Nokia pertama kali bergulir menyebutkan kalau perusahaan berbasis di Finlandia itu akan menggunakan sistem operasi Linux. Bahkan kabar lain mengatakan, sistem operasi netbook itu akan dipasang dengan OS Google, Android.

Kala itu, seorang analis dari Lazard Capital Markets Daniel Amir mengungkapkan Android sebagai sistem operasi netbook Nokia, digunakan lebih karena Nokia ‘sadar diri’. Karena memang, selama ini Nokia terkenal sebagai pembuat ponsel terbesar di dunia, tetapi tidak untuk PC. Karena itulah, perlu pendekatan yang berbeda dan bertahap.

Nah, yang menjadi permasalahan ketika pada akhirnya, Nokia memutuskan untuk menggunakan sistem operasi Windows besutan Microsoft, apakah peranti ini bakal sukses seperti ponsel-nya? Karena Nokia butuh perbedaan, untuk menjadikan netbook ini sebagai ceruk yang baru untuk meraup keuntungan.

Sementara itu, perusahaan riset IDC mengharapkan pengapalan netbook tahun ini tumbuh lebih dari 127 persen dari 2008 atau mencapai lebih dari 26 juta unit, mengalahkan pasar PC secara keseluruhan yang diperkirakan akan tetap datar dan pasar telepon yang menyusut sekitar 10 persen

source : http://techno.okezone.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s