Disable USB Storage


Salah satu cara untuk menangkal masuknya virus kedalam komputer adalah dengan cara menutup “Pintu Masuk” virus tersebut kedalam komputer kita. Pintu masuknya virus kedalam komputer kita biasanya melalui media penyimpanan yang kita gunakan. Ada berbagai macam media penyimpanan mulai dari disket, CD, DVD dan yang paling umum adalah USB Flash Disk. Dalam tulisan terdahulu saya sudah pernah menulis bagaimana caranya untuk menonaktifkan fungsi autorun agar virus yang ada pada media penyimpanan yang kita gunakan tidak langsung di eksekusi.

Pada tulisan kali ini saya mencoba untuk menuliskan bagaimana caranya untuk mendisable USB Flash Disk pada komputer. Tulisan ini saya ambil dari blognya mas nanang namun saya modifikasi sedikit sesuai dengan gaya YK…πŸ˜€. Ada dua cara untuk melakukan Disable USB Flash Disk. Cara pertama dengan menggunakan Registry Editor dan cara kedua adalah dengan menambahkan setingan pada Group Policy Management.

Disable USB Flash Disk dengan setingan Registry Editor
1. Jalankan Registry Editor dengan cara RUN > REGEDIT
2. Masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ControlSet001\Services\USBSTOR
3. Rubah nilai DWORD Start. Untuk disable tuliskan nilai 4 dan untuk men-enablekan kembali tuliskan nilai 3
4. Tutup Registry Editor dan Log Off komputer anda untuk melihat hasilnya.

Untuk cara yang kedua saya tidak membahasnya disini karena menurut saya cara yang kedua ini agak merepotkan bagi uset biasa. Selain itu jika anda sudah melakukan setingan pada cara pertama tersebut maka secara otomatis juga berlaku pada cara yang kedua. Namun jika anda penasaran dengan cara yang kedua anda bisa berkunjung langsung ke blognya mas nanang. Semoga bermanfaat ya…πŸ˜€

7 responses to “Disable USB Storage

  1. bukan gak ada sumbernya tapi sudah lupa ambil dimana… tp kalo ada yang merasa itu tulisannya silahkan saja hubungi saya dan akan segera saya cantumkan namanya… OK buk…πŸ˜€

Leave a Reply

