Kontroversi Video Ariel di Masyarakat


Belakangan ini di berbagai media banyak di bicarakan video mesum yang diduga mirip Ariel dan luna seta ariel dan cut tari, dan bahkan ariel dengan banyak artis lainnya yang meresahkan para orang tua dan masayarakat umum. Sebenarnya hal ini bukan lagi hal yang baru lagi, namun pengaruh media yang meng-ekspose dengan gencar sehingga banyak masayarakat yang ingin mengatahui dan menonton film tersebut termasuk remaja dan anak – anak. Terlebih lagi mudahnya film ini dapat di unduh dan dibagi melalui komputer dan handphone. Bahkan yang lebih memprihatinkan adalah banyak warnet yang menyediakan film tersebut pada hard disknya yang bisa di copy atau di tonton dengan mudah.

Dari segi psikologis melihat dan menonton filem seperti ini bisa berpengaruh bagi mental seseorang, terutama bagi remaja dan anak – anak didalam masa pertumbuhan. Jika dikonsumsi dalam waktu yang lama hal ini pada akhirnya akan menumbuhkan sikap dan prilaku seks menyimpang seperti yang belakangan ini banyak terjadi.

Sebenarnya bidang saya bukan dalam hal komunikasi atau psikologi yang dapat menilai suatu pribadi dan menentukan baik dan buruknya suatu pribadi itu. Namun saya melihat bahwa pengaruh media yang gencar membicarakan hal yang seperti ini membuat masyarakat terpengaruh dan ingin tahu. Dan masyarakat sendiri hendaknya bisa memilah dan menilai hal yang baik untuk di bicarakan, kasarnya “ngapain mau tau urusan orang lain, urusan dan aib sendiri aja masih banyak…”, tul gak???

Sebagai seorang yang berkecimpung dalam dunia teknologi saya ingin berbagi suatu cara untuk melihat keaslian sebuah gambar atau video dan melihat kapan gambar tersebut di ambil, kamera yang digunakan dan lain sebagainya tanpa harus menjadi sorang pakar IT. Caranya anda hanya perlu membuka windows explorer dimana terdapat file gambar atau video tersebut lalu pilih menu VIEW – Details. Klik kanan pada cusstom detail sehingga muncul gambar seperti di bawah ini.

Dengan cara seperti ini anda tidak perlu menjadi seorang pakar jika ingin menetaui kapan sebuah gambar diambil dan kamera apa yang digunakan bahkan masih banyak lagi. Semoga dengan kasus ini kita menjadi masyarakat yang lebih cerdas dan lebih baik lagi. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s