Error establishing a database connection


Saya mendapatkan error ini saat ingin menginstall wordpress di komputer saya. Beberapa tahun yang lalu saya juga pernah menginstall CMS (Content Management System) yang lain di komputer saya namun tidak ada masalah dan error seperti ini. Saya membaca petunjuk dari wordpress yang mengatakan bahwa error ini terjadi karena beberapa hal yaitu apakah user name dan password MySqlnya sudah benar?, apakah nama hostnya sudah benar? dan apakah database servernya sudah berjalan?.

Dari petunjuk ini saya melakukan pengecekan yang pertama yaitu pada username dan password database saya, saya cek di dengan console untuk login ternyata secara default xampp memberikan username root dan password-nya di kosongkan saja. Namun setelah saya isikan masih tetap saja tidak jalan bahkan saya sampai menginstall dua kali xampp-nya.

Langkah berikutnya saya coba untuk melihat nama hostnya. Secara umum nama host local biasanya diberinama localhost atau dengan alamat IP 127.0.0.1. Kalo untuk alamat database host saya yakin tidak ada kesalahan karena saya tidak ada merubah nama host tersebut.

Terakhir saya cek apakah database server saya telah berjalan dengan baik. Saya cek statusnya di xampp control panel. Saya lihat statusnya dalam keadaan running dan mestinya tidak ada masalah dengan staus ini. Trus dimananya yang salah???

Setelah utak atik sekian lama akhirnya saya mentok juga. Saya meminta bantuan teman saya Hari. Setelah saya ceritakan permasalahan yang terjadi, ternata kesalahannya terdapat pada saya belum membuat database di MySqlnya. Jadi solusinya adalah buat terlebih dahulu databsenya kemudian masukkan nama database yang telah di buat tadi ke field database name yang terdapat saat pengistalan pertama wordpress. Dan ternyata langkah ini berhasil. Thx hari…

Saya bagikan pengalaman ini kepada teman – teman yang sedang mengalami masalah yang sama.

8 responses to “Error establishing a database connection

  1. kalo mau gampangsih caranya tinggal install ulang aja si xampp atau mysqlnya… kasih password baru… so kelar deh masalahnya…😀 heheheheheheehe… :p

  2. sy jg baru belajar pak… jd solusi yg biasa sy lakukan y install lg xamppnya kalo passwordnya lupa… dr pd repot ngutak atik nyari dimana passwordnya. dan biasanya password di enkripsi pake md5 jd walaupun ketemu pasti bingung decryptnya…😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s