Apa yang salah…???


Belakangan ini saya merasa sepertinya ada yang salah dengan cara mengajar yang saya lakukan. Perasaan lelah dan kadang sedikit jengkel kerap menyapa. Apa yang salah??? apa cara mengajar yang monoton dan tidak mengerti keadaan mahasiswa atau kondisi ruangan yang tidak memadai atau sarana komputer yang tidak memenuhi standard kelayakan???

Cara Mengajar…
Saya melihat cara mengajar saya dari sudut pandang saya sendiri jadi mungkin hal ini gak bisa di jadikan patokan. Prinsip mengajar saya adalah bagaimana membuar mahasiswa merasa nyaman di kelas dengan cara memberikan beberapa slide motivasi dan sulap sederhana dengan tujuan agar mereka merasa nyaman dan melepas lelah sesaat seusai pulang kerja.

Kondisi Ruangan…
Kondisi ruangan yang ada untuk beberapa kelas baik namun beberapa lagi kurang. Gangguan yang paling sering terjadi adalah AC yang tidak berfungsi dengan baik. Hal ini sungguh sangat mengganggu konsentrasi mengajar maupun mahasiswa yang diajar.

Spesifikasi Komputer…
Spesifikasi komputer untuk mata kuliah saya tidak harus yang terbaru dan super canggih. Cukup pentium 4 dan mendukung aplikasi Viusal Basic 6.0 dan Office. Sarana ini telah disediakan oleh pihak kampus dan saya rasa spesifikasinya sudah lebih dari cukup. Namun permasalahan yang sering timbul adalah Flash disk mahasiswa yang terinfeksi oleh virus dan menyebar ke dalam jaringan membuat komputer lainnya menjadi hank dan error. Permasalahan lainnya adalah tiap komputer di pasang program aplikaisi DeepFreeze yang artinya jika komputer di restart maka semua data akan hilang.

Psikologi mahasiswa….
Psikologi mahasiswa yang saya ajar semuanya baik namun karena faktor kondisi tubuh mereka yang kurang baik yang disebabkan baru pulang kerja membuat mereka kadang agak sedikit emosi dan jengkel apabila program yang dibuat tidak Running dan telah tertinggal oleh teman yang lainnya.

Mulai saat ini saya akan coba untuk instrospeksi diri dan lebih memahami kondisi mahasiswa. Dan harapan yang sama saya harapkan untuk mahasiswa yang saya ajar untuk dapat mengulang kembali materi yang telah saya ajarkan. Semoga bisa bermanfaat dimasa yang akan datang. Selamat belajar mahasiswaku…😀

8 responses to “Apa yang salah…???

  1. pak YK yg baik…mkn qt perlu blj lagi dalam meningkatkan kualitas mengajar kita krn mkn kesalahn itu bukan terletak pada mahhasiswa ataupun sarana dan prasarana yg ada…sbg seorang tenaga kependidikan, sekarang ini kita dituntut untuk bisa memberikan yg terbaik bwt mahasiswanya dalam keadaan dan kondisi apapun…maka dari itu pak YK kita jg harus meningkatkan kualitas yg kita miliki sekarang ini…smg komentar saya ini bisa membantu dan trimakasih..:)

  2. terima kasih sekali komentarnya ismi nice… sungguh sangat membangun dan memberi semangat bagi saya utnuk lebih kreatif berkarya…😀

  3. yuuupp…sama2 pak YK, saya jg bisa merasakan apa yg pak YK rasakan, jd dari sini kita bisa berbagi bagaimana cara meningkatkan kualitas kita untuk menjadi lebih baik lagi. cari aja pak literatur ttg peningkatan kualitas tenaga kependidikan. disitu bnyk bgt yg bisa kita kembangkan…ok🙂

  4. makasih buk… akan saya cari dan coba kembangkan…
    semoga semua pengajar seperti ibu yg cantik dan baik hati…😀

  5. ass
    pak yk…..semoga apa yang bapak harapkan di masa yang akan datang maupun dari mahasiswa dan yang di harapkan mahasiswa, semuanya bisa saling mendukung…..”just be your self and respect the environtment”
    wass
    *itu motto q pak…he2 !

  6. Mantaaaaaaaaaap pak,,,gak sia2 pengorbanan pak YK terus semangat menyebarkan ilmu yang bermanfaat ya pak n tetap kereeeeeeen😀

Leave a Reply

