Tahukah anda: Uang 10.000 baru telah beredar


Jakarta – Bank Indonesia (BI) menerbitkan uang kertas baru Rp 10.000. Perubahan ini bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi elemen desain atau up-grading yang dilakukan terutama pada warna dominan yang semula berwarna ungu kemerahan menjadi ungu kebiruan.

Meski terdapat pula perubahan pada unsur pengaman lainnya, namun demikian elemen desain utama seperti bahan uang, gambar utama dan ukuran uang tetap atau tidak mengalami perubahan.

Perubahan lainnya pada desain uang kertas Rp 10.000 yakni penambahan unsur rainbow printing dalam bidang berbentuk segilima yang memiliki efek berubah warna (pelangi) apabila dilihat dari sudut pandang tertentu pada sebelah kanan gambar utama.

Selain itu terdapat penembahan desain berbentuk lingkaran-lingkaran kecil berwarna merah dan di tengahnya berwarna putih yang letaknya tersebar pada sebelah kanan gambar utama.

Adapun perubahan kode tuna netra dan penggantian tinta berubah warna (optically variable ink) berupa segi delapan dari hijau menjadi biru jika dilihat dari sudut pandang berbeda.

Peluncuran uang pecahan Rp 10.000 baru itu dilakukan di Bandung, Jawa Barat, Selasa (20/7/2010). Hadir dalam kesempatan itu Pjs Gubernur BI Darmin Nasution dan Wapres Boediono.

“Uang baru ini merupakan penyempurnaan dari uang Rp 10.000 sebelumnya,” ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat BI, Difi A Johansyah ketika berbincang dengan detikFinance di Jakarta, Selasa (19/07/2010). (dnl/qom)

Sumber: detikcom

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s