Menghitung Rasio Tabungan


Hmmm… pusing juga mengatur rencana keuangan pribadi. Banyak keperluan dan keingian yang harus dipenuhi dengan pendapatan yang statis, artinya pendapatan yang didapat setiap bulan selalu sama. Keperluan mana dulukah yang harus di dahulukan sedangkan semuanya penting…??? ditambah lagi dengan keinginan, apakah bisa memenuhi keinginan sedangkan keperluan saja belum terpenuhi secara baik.

Sebenarnya artikel ini saya tulis berdasarkan cerminan diri saya sendiri. Dengan pendapatan yang statis dah tidak besar. Saya harus memenuhi kebutuhan yang mencakup kebutuhan hidup, pendidikan dan rencana kedepan (menikah). Diluar itu saya juga butuh untuk memuaskan keinginan saya untuk menikmati uang jerih payah saya sendiri. Kalo sudah begini apa yang harus saya lakukan…???

Hmm… dari pada pusing mikirin hal itu, saya mencoba untuk googling sapa tau ada program yang bisa digunakan untuk memecahkan masalah tersebut dan membuat sebuah rencana keuangan pribadi yang baik buat saya. Setelah sekian lama googling saya masih belum bisa menemukan program tersebut, namun saya menemukan cara menghitung rasio tabungan yang bisa dijadikan tolak ukur bagaimana cara menabung yang baik.

Menghitung Rasio Tabungan

Misalkan saya memiliki pendapatan Rp. 4.000.000 perbulannya. Jumlah uang untuk menabung Rp. 500.000 perbulannya. Maka untuk menghitung Rasio tabungan adalah :

(500.000/4.000.000) * 100% = 12.5%

Menurut artikel yang saya baca. Rasio keuangan yang baik adalah antara 10% – 30% perbulannya. Hal ini dikarenakan jika lebih dari 30% maka dikhawatirkan anda menjadi terlalu pelit dan cenderung menjadi tertutup karena jarang bersosialisasi. Menabung memang perlu tetapi kalo terlalu banyak juga tidak baik bagi performa anda. Buat apa punya uang banyak tapi tidak memiliki teman dan hidup sendiri.

Nah setelah membaca artikel tersebut saya merasa perlu menghitung rasio tabungan saya agar memiliki simpanan utnuk masa depan dan juga tidak menjadi pelit. Walaupun program yang saya cari tidak ketemu namun artikel ini cukup membantu, semoga ini juga bermanfaat bagi anda yang memiliki masalah yang sama…😀

3 responses to “Menghitung Rasio Tabungan

Leave a Reply

