Mulutmu Harimaumu…


“Mulutmu Harimaumu” Masih ingatkah kita dengan pribahasa ini? ya… pribahasa ini sering kita dengarkan sewaktu kita masih duduk di bangku sekolah dasar dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Mulutmu harimaumu adalah sebuah pribahasa yang artinya setiap perkataan yang kita ucapkan pasti akan berbalik kepada diri kita sendiri. Berhati – hatilah dalam berbicara, bicaralah yang baik dan santunlah dalam bersikap itu pesan yang ingin disampaikan.

Setiap orang berhak untuk berbicara dan mengutarakan pendapatnya masing – masing kepada orang lain. Namun yang perlu di perhatikan adalah pemilihan kata yang baik, tidak menyinggung perasaan orang lain dan tidak ada unsur ras serta sara didalamnya. Hal ini sangat penting diperhatikan terutama bagi anda yang pekerjaannya adalah sebagai pembicara, guru, dosen, motivator dan lain sebagainya yang selalu dituntut untuk berbicara karena semua itu bisa berdampak pada diri anda sendiri, keluarga anda, orang disekitar anda, atau mungkin orang lain yang tidak ada hubungannya dengan anda namun termasuk didalam topik pembicaraan anda.

Contohnya pernah dahulu kasus seorang polisi yang menuliskan status pada Facebook yang menyatakan bahwa masyarakat yang membutuhkan polisi sehingga membuat masyarakat marah dan polisi tersebut perlu meminta maaf kepada masyarakat atau kasusnya prita yang sempat menghebohkan. Intinya adalah karena setiap perkataan yang terucap akan dipertanggung jawabkan kepada semua orang.

Masih banyak contoh lain yang bisa diambil namun lebih baiknya mari kita bersikap bijak dan berkata yang baik mulai dari saat ini. Berikan pujian dan sapaan yang mesra kepada sesama agar tercipta suatu kondisi yang baik dan sehat dalam hubungan dengan sesama. Dan tak lupa sebuah senyuman kecil bisa berdampak besar bagi orang lain…😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s