MENUNDA = MERUGI


Setiap manusia pasti memiliki kesibukan masing – masing, memiliki ego yang kadang sulit untuk kita kendalikan, memiliki sifat malas yang lebih besar dibandingkan sifat ingin menyelesaikan sesuatu. Hal ini bisa terjadi kepada siapa saja termasuk anda dan saya. tapi tahukah anda seberapa besar kerugian yang kita dapatkan dari memelihara sifat seperti ini.

Suatu contoh kebiasan buruk saya adalah senang menunda – nunda pekerjaan. Karena bagi saya jika belum mendaki batas maka tidak akan saya kerjakan. padahal jika melihat kerugian waktu yang terbuang maka akan terasa rugi sekali seperti kata pepatah ” waktu itu adalah emas” karena waktu yang telah terlewati tidak akan pernah kembali lagi. coba bayangkan jika diwaktu yang sama teman saya mengerjakan semua tugas yang diberikan tanpa menunda – nunda waktu maka segala tugas dapat selesai tepat waktu dan bila ada kesalahan maka dia masih memiliki waktu untuk memperbaikinya. Namun apa jadinya saya yang menunda tugas tersebut hingga mendekati batas waktu maka bila terjadi kesalahan tidak ada waktu bagi saya untuk memperbaikinya. Maka secara otomatis karirnya akan meningkat dan karir saya akan tetap saja dan tidak akan berubah.

Hal ini telah tercantum didalam alquran surah al-ashr yang artinya “demi masa (waktu). sesungguhnya manusia itu dalam kerugian. Kecuali orang – orang yang beriman dan beramal soleh. serta menasehati dalam  kebenaran dan menasehati dalam kesabaran”. dalam surah ini Allah swt telah bersumpah demi waktu bahwa manusia itu pasti dalam kerugian kecuali mereka yang bisa memanfaatkannya dengan benar dan sabar.

Maka dari itu  mari mulai saat ini manfaatkanlah waktu yang kita miliki dan janganlah menunda pekerjaan dan membuang waktu jika anda tidak ingin menjadi orang yang merugi.

3 responses to “MENUNDA = MERUGI

Leave a Reply

