Yodilabs: Safari 5


Baru bisa nulis lagi setelah lama sibuk memperisapkan diri menyambut hari raya idul fitri 1431H. Sebelum menulis lebih lanjut izinkan saya mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin Mohon Maaf lahir dan batin, semoga kita semua menjadi manusia yang lebih baik lagi.😀

Gak usah panjang lebar membahas hari raya karena sudah 12 hari berlalu. Mari kita bahas browser kesukaan saya Safari. Memang sudah beberapa waktu yang lalu saya tidak lagi menggunakan browser safari 4.o karena komputer saya yang terserang virus dan harus di install ulang sehingga browser safarinya juga ikut terhapus. Saya coba beralih ke Mozilla FireFox karena tertarik menggunakan Addon yang banyak tersedia. Addon Mozilla yang paling saya sukai adalah DownThemAll yaitu sebuah Addon download manager yang menurut saya cukup baik dan membantu dalam mempercepat proses download.

Tanpa disengaja hari ini disaat saya sedang berselancar di internet saya melihat telah diluncurkannya browser Safari 5 yang telah mendukung HTML versi 5, Extension manager dan safari Reader. hmmm… cukup menarik tampaknya… dan tanpa pikir panjang langsung meluncur k TKP dan DownThemAll mulai menunjukkan aksinya…😀.

Setelah di install kesan pertama tidak ada perbedaan dari Safari 4 yang saya gunakan sebelumnya bahkan terasa lebih lambat dari Mozilla. Nah kok bisa y? (bertanya dalam hati) padahal menurut yang saya baca safari 4 itu 3x lebih cepat dibandingkan dengan Mozilla 3.6. Tetapi setelah saya restart notebook saya baru terasa kehandalannya… Memang sungguh luar biasa.

Setelah kecepatannya sudah mulai terasa saya mulai mencoba menggunakan Safari Extension Gallery yang terdapat pada menu setting di pojok kanan atas yang kemudian akan dibawa ke Extensions Gallerynya Apple. Disini ada berbagai kategori yang bisa anda pilih mulai dari News, Shopping, Security hingga Social Networking yang sungguh menarik dan bisa langsung di install pada browser anda. Yang menarik adalah proses penginstallan berlangsung secara Smooth. Namun yang agak saya sesalkan tidak ada kategory untuk Download Manager sehingga proses download masih dilakukan dengan fitur standard bawaan safari.

Untuk safari reader saya belum mencobanya karena saya belum menemukan artikel jenis yang bisa dibuka menggunakan safari reader. Saya telah mencoba membuka dokumen dengan format *.pdf, tetapi safari menampilkaknnya menggunakan adobe reader. Jika dokumen yang saya pilih berformat *.doc, maka file tersebut secara otomatis akan di download. hmmm…. [thinkin’ mode on]

Kesimpulannya setelah melakukan pengujian sendiri ternyata  Safari 5 jauh lebih cepat dari Mozilla FireFox saya. Safari 5 juga telah mendukung Extensions yang sifatnya sama seperti Addon pada mozilla namun kekurangannya adalah Extension yang tersedia masih sedikit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s