Tahukah Anda: Tachymeter


Tahukah anda apa itu tachy meter? sebenarnya tachymeter ini dekat dengan kehidupan kita sehari – hari. Bahkan mungkin saat ini anda sedang membawanya. Tachy meter adalah alat untuk menghitung kecepatan suatu benda bergerak. Tachy meter biasanya terdapat pada arloji atau jam tangan yang sering anda gunakan. Jika jam tangan anda  memiliki deretan angka-angka kecil di sekeliling luar lingkaran angka-angka, maka jam anda memang layak digunakan sebagai Tachymeter. Angka itu searah jarum jam berturut-turut menunjukkan angka 500, 400, dan terus mengecil hingga angka 60.

Hal yang harus anda ketahui untuk bisa menggunakan tachymeter adalah jarak, setidaknya jika anda ingin mengukur kecepatan teman anda yang sedang berlari, anda harus tahu jarak antara start dan finish nya teman anda.

Selain itu ada aturan yang “memudahkan” anda dalam menggunakan tachymeter, yaitu bahwa hendaknya anda menetapkan jarak sebesar 1 kilometer terlebih dahulu. Selanjutnya anda tinggal memulai perhitungan (bisa dengan menekan tombol stopwatch di arloji anda, atau menunggu saat jarum detik anda berada pada angka “12”).

Nah saat benda yang ingin anda ukur kecepatannya itu mencapai “garis” finish 1 kilometer, anda hentikan pengukur stopwatch mu (atau lihat pada posisi mana jarum detik arloji anda berhenti).

Misal jarum berhenti pada angka “7” (itu berarti 35 detik kan?), coba lihat angka di lingkaran luar, disana tertulis 100, yang berarti kecepatan benda yang anda ukur tadi adalah 100 km per jam. Mudah kan?

Kalau anda ingin tahu rumus sederhana tachymeter adalah 3.600/angka detik= kecepatan (km/jam) atau 720/angka jam = kecepatan (km/jam), nah biasanya angka yang tertera di arloji berkisar 500 hingga 60, artinya untuk rentang 1 kilometer, kecepatan yang diukur adalah pada rentang 7,2 – 60 detik. Lalu, bagaimana mengukur benda yang lebih cepat dari 7,2 detik, atau lebih lama dari 60 detik?

Caranya mudah, anda tetap saja menggunakan cara yang seperti biasa, namun dengan mengkonversi hasilnya. Misal anda ingin mengukur lari teman anda dalam jarak 100 meter, saat menggunakan tachymeter berhenti di angka “9” (45 detik) >> 80 km/jam, namun karena teman anda hanya menempuh 100 m atau 100m/1000m = 0,1 dari 1 km, maka kecepatan teman anda harus juga di kalikan dengan 0,1 yaitu 8 km/jam.

Sebaliknya, misal anda ingin mengukur kecepatan “superman” yang kebetulan melintas di kepala anda, saat anda memencet tombol arloji anda, menunjukkan angka “4” (20 detik) >> 180 km/jam, karena superman anda itu menempuh jarak 10 km, maka hasil perhitungan anda harus tetap di kalikan 10 menjadi 1800 km/jam.

Selamat Mencoba…😀

2 responses to “Tahukah Anda: Tachymeter

  1. Wuih Nice Info……

    Mo tanya klo angka yg 5-60,lingkaran yg agak ke dalam setelah tachymeter itu namanya apa?dan fungsi nya apa….mohon pencerahannya….

    • angka 5 hingga 50 di dalam tachymeter itu adalah menit. Jadi misalnya bila menunjukkan angka 1 artinya 5 menit dan jika menunjukkan angka 3 berarti 15 menit. Begitu seterusnya… semoga membantu…😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s