Lagi Asik Nyobain Framework CodeIgniter


codeigniter-php-03_1DFF8383

Kenal dengan Framework CodeIgniter sebenarnya sudah lama, namun baru bisa merasakan nikmat dan powerfullnya CI baru beberapa hari belakangan ini karena “project” terbaru saya. Kenapa projectnya pake tanda quote?, karena biasanya projeck yang saya kerjakan hanya berbasis desktop client server.

Pada project ini mengharuskan penggunanya bisa mengakses dari mana saja dan berbagai perangkat. Untuk menjawab itu maka aplikasi yang saya rancang harus berbasis web yang notabene dimana semua perangkat sudah memiliki internet.

Aplikasi yang berbasis web tidak memerlukan program untuk di install, hanya koneksi internet dan browser. Semua data akan di proses pada server dan browser hanya menampilkan data dari request yang dikirimkan.

Kenapa saya memilih Framework CodeIgniter?, menurut saya untuk membuat sebuah aplikasi berbasis web di zaman sekarang ini tidak harus memulai coding dari nol. Tetapi kita bisa memodifikasi dari framework yang telah ada, sehingga pembuatan aplikasi lebih cepat dan efisien.

Apa itu Framework?, bahasa gampangnya framework adalah sebuah kerangka yang telah jadi namun belum sempurna. Jika diambil sebuah analogi sebuah rumah, framework adalah kerangka bangunan dimana setiap rumah pasti memiliki pondasi, tiang, atap, jendela, pintu dan lain sebagainya dimana setiap bagian tersebut masih bisa diatur bentuknya, modelnya dan tampilannya.

Jadi membangun sebuah aplikasi dengan framework seperti membangun rumah di permainan lego, bongkar dan pasang sesuai dengan fungsinya masing – masing. Sama halnya dengan membangun aplikasi dengan Framework, kita hanya perlu memanggil fungsi – fungsi yang kita butuhkan dan edit sesuai dengan aplikasi yang akan dirancang.

Akhir kata…Kini saatnya beralih ke perancangan aplikasi berbasis framework… 😀

That’s All…

Saat Thesis menghampiriku…


Sudah dua minggu tidak update blog ini dikarenakan perkejaan yang menumpuk, mulai dari nyiapin bahan ajar, perbaiki motor, menghadiri undangan teman – teman yang nikah (sy kapan ya…???) ampe pusing mikirin thesis yang masih belum tau mau bikin apa… hhuhuhuhu… 😦

Walaupun begitu jangan sampai patah semangat… jalani semuanya dengan berusaha sekuat tenaga dan berdoa setulus jiwa karena minggu depan sudah mulai pengajuan judul dan presentasi proposal thesis. Namun samapai saat ini proposal tersebut masih juga belum di ketik. hmmmmm…*(&%^^*$&&%

Sebenarnya minggu kemarin sudah hunting bahan di perpustakaan digitalnya ITB dan nendapatkan beberapa bahan yang sesuai dengan minat dan topik yang ajukan, namun sayangnya tidak semua naskah thesis yang ada disana dapat di unduh dan sebagian  besar hanya abstraknya saja. Selain itu juga data penelitian dari lipi yang biasa saya gunakan untuk referensi juga sudah tidak bisa di buka link nya. Walaupun di sini juga tidak semua naskahnya bisa di unduh. Untuk melengkapi bahan lain saya juga mencari di E-Journalnya  STMIK Putera Batam yang berisi ribuan juranal nasional dan internasional yang menurut saya sangat membantu dalam mengerjakan thesis ini.

Semoga setelah curhat di blog ini bisa menambah semangat dan memberikan pencerahan didalam jiwa yang sudah mulai kusut ini… dan juga bagi pembaca dimohon doanya semoga thesis ini bisa terselesaikan dengan baik dan tepat waktu serta mendapatkan hasil yang memuaskan… Amin… 😀

MENUNDA = MERUGI


Setiap manusia pasti memiliki kesibukan masing – masing, memiliki ego yang kadang sulit untuk kita kendalikan, memiliki sifat malas yang lebih besar dibandingkan sifat ingin menyelesaikan sesuatu. Hal ini bisa terjadi kepada siapa saja termasuk anda dan saya. tapi tahukah anda seberapa besar kerugian yang kita dapatkan dari memelihara sifat seperti ini.

Suatu contoh kebiasan buruk saya adalah senang menunda – nunda pekerjaan. Karena bagi saya jika belum mendaki batas maka tidak akan saya kerjakan. padahal jika melihat kerugian waktu yang terbuang maka akan terasa rugi sekali seperti kata pepatah ” waktu itu adalah emas” karena waktu yang telah terlewati tidak akan pernah kembali lagi. coba bayangkan jika diwaktu yang sama teman saya mengerjakan semua tugas yang diberikan tanpa menunda – nunda waktu maka segala tugas dapat selesai tepat waktu dan bila ada kesalahan maka dia masih memiliki waktu untuk memperbaikinya. Namun apa jadinya saya yang menunda tugas tersebut hingga mendekati batas waktu maka bila terjadi kesalahan tidak ada waktu bagi saya untuk memperbaikinya. Maka secara otomatis karirnya akan meningkat dan karir saya akan tetap saja dan tidak akan berubah.

Hal ini telah tercantum didalam alquran surah al-ashr yang artinya “demi masa (waktu). sesungguhnya manusia itu dalam kerugian. Kecuali orang – orang yang beriman dan beramal soleh. serta menasehati dalam  kebenaran dan menasehati dalam kesabaran”. dalam surah ini Allah swt telah bersumpah demi waktu bahwa manusia itu pasti dalam kerugian kecuali mereka yang bisa memanfaatkannya dengan benar dan sabar.

Maka dari itu  mari mulai saat ini manfaatkanlah waktu yang kita miliki dan janganlah menunda pekerjaan dan membuang waktu jika anda tidak ingin menjadi orang yang merugi.

Marhaban ya Ramadhan… :D


Marhaban ya ramadhan… selamat datang bulan penuh rahmah, penuh hikmah dan bulan penuh maghfirah.  Ramadhan kali ini adalh ramadhan kedua yang dilalui oleh blog YK a.k.a YodiKeren. Sungguh tidak terasa waktu berjalan hingga bulan yang suci ini datang lagi.

Di bulan ini semua pekerjaan yang baik adalah ibadah misalnya anda senang menulis di blog, maka menulis menulis itu bisa menjadi ibadah, anda gemar membaca artikel yang bermanfaat, maka membaca itu bisa jadi ibadah bahkan jika anda gemar tidur maka tidur itu pun bisa jadi ibadah. Banyak sekali pekerjaan biasa yang sering kita kerjakan bisa menjadi ibadah. Sungguh mulia sekali bulan ini, maka alangkah sayangnya  jika tidak kita manfaatkan dengan baik.

Berbuatlah yang baik – baik, berkatalah yang baik – baik, melihatlah yang baik – baik, makanlah yang baik – baik, tebarkan senyum kepada sesama, perbanhyak infaq dan shadaqah, dan yang paling penting adalah menahan hawa nafsu. Teringat pesan kedua orang tua saya “Jangan pernah itnggalkan puasa karena puasa itu wajib, tidak bisa di gantikan jika kamu meninggalkannya tanpa alasan” jadi ibadah puasa itu nilainya sama dengan solat yaitu wajib dan tidak bisa di gantikan kecuali dengan beberapa ketentuan yaitu hilang akal atau gila, dalam keadaan kepayahan (tua, sakit, kerja berat), dan wanita yang sedang haid atau nifas, selain itu tidak ada pengganti untuk puasa yang telah di tinggalkan.

Karena itu marilah kita tingkatkan amal kita di bulan ini dan jangan sekalipun meninggalkan puasa tanpa sebab, karena dengan puasa kita diajarkan untuk menahan hawa nafsu agar menjadi hamba Allah yang lebih beriman lagi. Selamat menjalankan ibadah puasa untuk semua… mari kalahkan hawa nafsu kita… :D… senyum…:D

Ayo Menulis… Mari Berkarya…


Pagi ini sudah muali disibukkan lagi dengan menguji sidang tugas akhri mahasiswa, setelah kemarin seharian di hajar mengerjakan ujian yang seabrek – abrek banyaknya. Belum lagi ujian yang sifatnya Take Home… hmmm jd gak bisa istirahat deh. Tapi that’s ok lah… never mind, karena menurut Al-quran surat alam nasyrah berbunyi ” sesungguhnya dibalik kesukaran itu ada kemudahan”. So… hari ini semangat yang menggebu – gebu membara didada walaupun cuacanya dingin bgt.

Mahasiswa yang saya uji hari ini berjumlah empat orang dengan komposisi 3 mahasiswi dan 1 mahasiswa. Hmmm… seger ni… wkwkwkwkwkwkwk… yang pertama saya uji adalah mahasiswi angkatan lawas jadi untuk sesi persentasi bisa dibawakan dengan baik. Namun ada satu hal yang membuat saya terkejut saat saya membaca landasan teori pada bab 2 ternyata modul pemrograman visual yang saya tulis untuk mengajar di kelas di cuplik beberapa bagian, terasuk gambar dan beberapa kalimat yang telah di edit. Tetapi ada pertanyaan yang sungguh besar didalam benak saya… Kenapa nama saya tidak tercantum pada daftar pustakanya, padahalkan itu murni saya…???…

Tak apalah… nanti di edit lagi aja…  Poin penting yang saya dapat hari ini adalah bahwa jika kita membuat sesuatu dengan baik dan sepenuh hati maka hasilnya juga akan baik. So… buat kita semua, ayo kita menulis… mari berkarya untuk bangsa ini… walaupun hasilnya belum bagus namun jika terus di asah maka lama kelamaan pasti akan baik. Seperti pisau jika terus diasah pasti akan bisa memotong dengan baik… Selamat berkarya… :d

Ngawas ujian : English Morphology


Hari ini ngawas ujian english morphology di nagoya. Kesan pertama kali masuk sih biasa saja karena tidak ada hal yang menarik dikelas ini. Kemudain saya bacakan aturan ujian dan mulai membagikan soal dan lembar jawaban. Awalnya sih berjalan sebagaimana mestin ya, kelas hening, mahasiswa sibuk mengerjakan, dan saya pun mulai membuka laptop untuk membuat modul perkuliahan.

Ternyata baru 15 menit ujian berlangsung, 2 orang mahasiswa telah selesai dan ingin mengumpulkan naskah ujian mereka namun menurut aturan mahasiswa baru bisa meninggalkan ruangan minimal setelah 30 menit. Dari pada mereka menganggu temannya yang sedang ujian saya suruh saja duduk dibelakang. Gak disangka 5 menit kemudian semua mahasiswa mengumpulkan naskah ujian mereka. Waduh… bagaimana ini…???

Akhirnya mereka semua menunggu saja hingga waktunya habis. Sembari menunggu saya mengajak mereka sharing masalah kuliah dan lain sebagainya. Ternyata kelas yang saya jaga ini adalah kelas semester delapan dan enam. Mereka bercerita pengalaman mereka selama kuliah di kampus ungu ini. Ada suka dan duka yang terucap dari mereka yang membuat saya terharu dan mengingat masa – masa sewaktu saya kuliah dulu… 😀

Menyedihkan memang, namun ini adalah kesedihan bahagia. Selangkah lagi mereka akan menjalani kehidupan baru yang lebih baik. Semoga sukses buat semuanya, dan jadilah orang yang berarti buat sesama… 😀

Pilih yang mana…?


Beberapa hari ini saya terus googling di internet mencari jenis HP yang paling baik buat saya. Tempat yang paling sering saya datangin adalah GSMArena dan Blognya MasAdit38. Kalo untuk GSMArena saya mencari spesifikasi, gambar dan harga pasaran dari HP tersebut. Nah kalo Blognya MasAdit38 saya mencari review HP apa yang baik untuk saya berdasarkan kebutuhan dan kegunaan HP tersebut.

Setela sekian lama saya merenung dan mencari hingga ada dua HP yang membuat saya bingung untuk memilihnya. HP yang pertama adalah Nokia C6 dan yang kedua adalah Samsung S5620 Monte. Kedua HP ini memiliki keunggulan masing. Mulai dari segi kualitas maupun dari segi harga. Untuk lebih jelasnya saya telah membandingkan keuda HP tersebut dibawah ini.

Dari perbandingan diatas dapat dilihat keunggulan dari nokia c6 adalah memiliki processor ARM 11 434 Mhz, Menggunakan OS Symbian OS v9.4, Series 60 rel. 5, keyboard QWERTY, dan kamera %MP. Sedangkan untuk samsung S5620 Monte tidak memiliki keunggulan seperti C6 namun memiliki harga jual yang rendah. Harga jual untuk Nokia C6 pada GSMArena adalah 260 euro dan harga jual untuk Samsung S5620 adalah 170 euro. Perbedaan lumayan jauh dengan fasilitas yang boleh dibilang hampir sama.

Menurut anda saya lebih baik pilih yang mana…?

Menghitung Rasio Tabungan


Hmmm… pusing juga mengatur rencana keuangan pribadi. Banyak keperluan dan keingian yang harus dipenuhi dengan pendapatan yang statis, artinya pendapatan yang didapat setiap bulan selalu sama. Keperluan mana dulukah yang harus di dahulukan sedangkan semuanya penting…??? ditambah lagi dengan keinginan, apakah bisa memenuhi keinginan sedangkan keperluan saja belum terpenuhi secara baik.

Sebenarnya artikel ini saya tulis berdasarkan cerminan diri saya sendiri. Dengan pendapatan yang statis dah tidak besar. Saya harus memenuhi kebutuhan yang mencakup kebutuhan hidup, pendidikan dan rencana kedepan (menikah). Diluar itu saya juga butuh untuk memuaskan keinginan saya untuk menikmati uang jerih payah saya sendiri. Kalo sudah begini apa yang harus saya lakukan…???

Hmm… dari pada pusing mikirin hal itu, saya mencoba untuk googling sapa tau ada program yang bisa digunakan untuk memecahkan masalah tersebut dan membuat sebuah rencana keuangan pribadi yang baik buat saya. Setelah sekian lama googling saya masih belum bisa menemukan program tersebut, namun saya menemukan cara menghitung rasio tabungan yang bisa dijadikan tolak ukur bagaimana cara menabung yang baik.

Menghitung Rasio Tabungan

Misalkan saya memiliki pendapatan Rp. 4.000.000 perbulannya. Jumlah uang untuk menabung Rp. 500.000 perbulannya. Maka untuk menghitung Rasio tabungan adalah :

(500.000/4.000.000) * 100% = 12.5%

Menurut artikel yang saya baca. Rasio keuangan yang baik adalah antara 10% – 30% perbulannya. Hal ini dikarenakan jika lebih dari 30% maka dikhawatirkan anda menjadi terlalu pelit dan cenderung menjadi tertutup karena jarang bersosialisasi. Menabung memang perlu tetapi kalo terlalu banyak juga tidak baik bagi performa anda. Buat apa punya uang banyak tapi tidak memiliki teman dan hidup sendiri.

Nah setelah membaca artikel tersebut saya merasa perlu menghitung rasio tabungan saya agar memiliki simpanan utnuk masa depan dan juga tidak menjadi pelit. Walaupun program yang saya cari tidak ketemu namun artikel ini cukup membantu, semoga ini juga bermanfaat bagi anda yang memiliki masalah yang sama… 😀

Last Minutes…


Mungkin masih satu hari lagi menjelang batas akhir pengumpulan naskah IKD ke KaProdi masing – masing. Namun semenjak tadi saya perhatikan masih bayak rekan – rekan yang masih belum selesai mengerjakan IKD tapi malah sibuk bermain Facebook dan game online lainnya. Termasuk saya sendiri… wkwkwkwkwkwk… :D.

Memang bagi sebagian orang dan saya, mengerjakan suatu pekerjaan itu akan lebih produktif dan cemerlang pada saat – saat akhir waktu pengumpulan, bagi saya pada saat – saat akhir  itu, ada faktor yang dapat memicu dan membuat adrenalin memuncak dan bergairah hingga semua ide dan inspirasi itu muncul dengan sendirinya. Karena sanking semangatnya hingga tidak ada kata lelah dan bosan bahkan datang ide bercurahan membuat  jari saya tidak mampu lagi mengetikkannya pada tuts keyboard. Huh… luar biasa… 😀

Emm… Kalo saya tidak salah hitung masih ada 36 jam lagi untuk menyelesaikan tugas IKD ini. Berarti tidak lama lagi akan last minutes. Mari kita kebut yuk friend… lumayan kan dapat reward 1,1 JT euy… n dapat poin lg… nah nanti kalo dah banyak bisa di tukar di time zone untuk mendapatkan boneka cantik atau Mobil remote control. MAU…??? ayo semangat rekan – rekan ku… 😀

Om… O’om harus ganti…!


Baru selesai ngerjain 1 SAP dan GBPP untuk semester ganjil depan ternyata ngantuk mulai menyerang, ide udah berhenti mengalir dan laper mulai melanda. Kalo udah kyk gini lebih baik break bentar nyari makan n solat dhuha biar gak ngantuk bareng pak bambang. Baru nyampe dibawah ternyata dihalaman depan sedang ada anak SD yang sedang bermain bola bersama Teacher dan teman – teman yang lain.

Tujuan pertama ke mushola depan kampus untuk solat. Namun sebelum sempat ngambil air wudhu bola yang sedang di mainkan anak SD tadi keluar lapangan dan mengarah ke arah saya. Kemudian dengan senang hari saya lemparkan kembali bola tersebut kearah mereka namun sayangnya lemparan saya tertiup angin kencang sehingga tidak sampai ke tempat merka bermain melainkan masuk ke kolong mobil. Saya berusaha mengambil menggunakan tangan namun tidak sampai. Belum semapat saya mengambil kayu untuk mengeluarkan bola tersebut ada seorang anak laki – laki yang mengatakan “Om… O’om harus ganti…!!! ini bola kami nanti teacher marah” belum sempat saya menjawab anak yang lain ikut – ikutan mengatakan hal yang sama kepada saya. Dalam hati saya berkata “duh anak kecil zaman sekarang bisa juga ngeledekin saya” wkwkwkwkwkwk…

Yah… biar sajalah … mungkin dulu sewaktu kecil saya juga begitu… solat dhua dl yuk semoga di berikan rezeki sama Allah… 😀

Apa yang salah…???


Belakangan ini saya merasa sepertinya ada yang salah dengan cara mengajar yang saya lakukan. Perasaan lelah dan kadang sedikit jengkel kerap menyapa. Apa yang salah??? apa cara mengajar yang monoton dan tidak mengerti keadaan mahasiswa atau kondisi ruangan yang tidak memadai atau sarana komputer yang tidak memenuhi standard kelayakan???

Cara Mengajar…
Saya melihat cara mengajar saya dari sudut pandang saya sendiri jadi mungkin hal ini gak bisa di jadikan patokan. Prinsip mengajar saya adalah bagaimana membuar mahasiswa merasa nyaman di kelas dengan cara memberikan beberapa slide motivasi dan sulap sederhana dengan tujuan agar mereka merasa nyaman dan melepas lelah sesaat seusai pulang kerja.

Kondisi Ruangan…
Kondisi ruangan yang ada untuk beberapa kelas baik namun beberapa lagi kurang. Gangguan yang paling sering terjadi adalah AC yang tidak berfungsi dengan baik. Hal ini sungguh sangat mengganggu konsentrasi mengajar maupun mahasiswa yang diajar.

Spesifikasi Komputer…
Spesifikasi komputer untuk mata kuliah saya tidak harus yang terbaru dan super canggih. Cukup pentium 4 dan mendukung aplikasi Viusal Basic 6.0 dan Office. Sarana ini telah disediakan oleh pihak kampus dan saya rasa spesifikasinya sudah lebih dari cukup. Namun permasalahan yang sering timbul adalah Flash disk mahasiswa yang terinfeksi oleh virus dan menyebar ke dalam jaringan membuat komputer lainnya menjadi hank dan error. Permasalahan lainnya adalah tiap komputer di pasang program aplikaisi DeepFreeze yang artinya jika komputer di restart maka semua data akan hilang.

Psikologi mahasiswa….
Psikologi mahasiswa yang saya ajar semuanya baik namun karena faktor kondisi tubuh mereka yang kurang baik yang disebabkan baru pulang kerja membuat mereka kadang agak sedikit emosi dan jengkel apabila program yang dibuat tidak Running dan telah tertinggal oleh teman yang lainnya.

Mulai saat ini saya akan coba untuk instrospeksi diri dan lebih memahami kondisi mahasiswa. Dan harapan yang sama saya harapkan untuk mahasiswa yang saya ajar untuk dapat mengulang kembali materi yang telah saya ajarkan. Semoga bisa bermanfaat dimasa yang akan datang. Selamat belajar mahasiswaku… 😀